Rivew tentang kisah 25 Nabi dan Rosul



Nama= Nurul Hasanah

Kelas = lX D

Judul buku= 25 Nabi dan Rosul

Penulis= M. Rantisi

Penerbit= Bintang Indonesia jakarta

Jumlah halaman= 25 halaman

Waktu membaca= 3 hari


•DIASAHD

daya tarik, intisari, amanat, hikmah

•DATA TARIK

Saya membaca kisah nabi dan Rosul yang  membahas kan dulu nya nabi dan Rosul sebelum di jadikan para ulama

•INTISARI

setelah menciptakan alam semesta dan seluruh isinya, Allah kemudian memberi tahu para malaikat nya, "sesungguh nya aku akan menciptakan seorang manusia. " para Malaikat menjawab, "kenapa engkau menciptakan manusia yang akan membuat kerusakan, kejahatan dan pertumpahan darah di muka bumi. 

Allah menciptakan manusia pertama dari tanah. Setelah menciptakan adam, Allah mengajari nabi Adam berbagai ilmu pengetahuan dan segala hal yang ada di bumi. Hal ini tidak di ajar kan pada malaikat dan iblis. Sehingga adam saja yang memiliki pengetahuan. 

Allah menyuruh para malaikat dan iblis untuk bersujud kepada nabi Adam. Karena nabi Adam dapat menjawab pertanyaan yang Allah berikan, sedangkan para malaikat dan iblis tidak dapat menjawab pertanyaan yang Allah berikan kepada mereka. 

Akan tetapi Adam merasa kesepian karena di surga seorang diri. Untuk itu Allah menciptakan hawa dari tulang rusuk nya dengan demikian ia sudah mendapatkan teman sekaligus istri. Di alam surga Adam dan hawa tidak kekurangan suatu apapun, sebab semua yang Mereka ingin sudah tersedia, mereka berdua bersyukur kepada Allah SWT. 

Wahai Adam, maukah kamu berdua aku tunjukan buah yang sangat nikmat. Jika, kamu memakan nya kalian pasti akan menjadi penghuni surga untuk selamanya, " ucap iblis sambil memegang buah khuldi. Nabi Adam tidak percaya dengan perkataan iblis, kemudian ia m ngusir iblis. Iblis pantang menyerah menggoda nabi Adam, karena dendam nya belum terbalas kan. Ia menganggap dirinya dikeluarkan dari surga oleh Allah SWT., penyebab karena Adam. Ia pun berusaha sekuat tenaga mengeluarkan Adam dari surga. "Hawa Adam percayalah kepadaku apa bila kalian memakan buah khuldi ini, kalian akan tetap kekal tinggal di surga seperti para malaikat, " ujar iblis meyakinkan nabi Adam dan hawa. 

Nabi Adam merasa bimbang, dia mulai terpengaruh dengan perkataan iblis. "Tidak ada salah nya kita membuktikan perkataan iblis, mungkin ada benar nya, " ucap hawa. Kemudian nabi Adam dan hawa mengambil buah khuldi dan memakan nya. Pada saat itu, Allah menegur mereka, "tidakkah aku lelah melarang kalian memakan buah pohon khuldi memberi tahu kalian bahwa iblis adalah musuh yang nyata bagi kalian. 

Mereka pun bertaubat kepada Allah. Allah menerima taubat mereka berdua, tetapi Allah menurun kan mereka ke bumi secara terpisah, Adam berasa di hindustan, sedangkan hawa berasa di jeddah. Mereka saling mencari. Allah pun mempertemukan mereka di muzdalifah. Di bumi ini lah Adam dan hawa mulai hidup baru. Jika di surga segala yang di kehendaki sudah tersedia, maka di bumi mereka harus berusaha terlebih dahulu. Setelah beberapa lama mereka hidup berdua di bumi, Allah mengarunia anak kembar sampai 20 pasangan. 

•AMANAT

jadi kita harus lebih taat kepada Allah SWT.

•HIKMAH

di sini saya belajar bahwa saya harus benar-benar lebih taat dan patuk ke pada Allah SWT. 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Autobiografi Nurul Hasanah